Wednesday, 4 September 2013

BLENDER (Membuat Tabung Gas LPG 3Kg)

Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.


Sebagai contoh disini saya akan membuat sebuah tabung gas lpg 3kg. Pertama kita buka aplikasi blender terlebih dahulu setelah tyampilann awal terbuka terdapat objek yang akan kita buat berbentuk kubus, tapi pada penmbuatan tabung gas kali ini kita akan menggunakan objek berbentuk lingkaran 3D. Caranya adalah kita hilangkan terlebih dahulu objek kubus dengan cara mengklik huruf x pada keyboard yang berfungsi untuk menghapus sebuah objek.



Kemudian kita masukan objek lingkaran dengan cara mengklik shift+A dan memilih UV sphere yang ada pada menu Mesh.


Setelah itu kita buat lingkaran dari titik atas dan bawah menjadi lebih pipih dengan cara klik Tab pada keyboard sehingga lingkaran diselimmuti dengan garis – garis berwarna orange. Pilih Scale manipulator mode yang  ada di bagian bawah, lalu  kursor diarahkan pada tanda panah terhadap sumbu z, kemudian klik dan tarik ke bawa secara perlahan

Selanjutnya pilih face select mode dan blok 4 baris melingkar pada titik pusat bagian atas dengan cara mengklik kanan, bila ingin memilih bidang selanjutnya lakukan shift+klik kanan. Dan arahkan kembali kursor pada tanda panah searah sumbu z, kemudian klik dan tarik ke bawah sampai permukaan rata.

Begitupun dengan titik pusat bagian bawah, blok 4 baris melingkar. Arahkan kursor pada tanda panah searah sumbu z, kemudian klik dan tarik ke atas sampai permukaan rata.

Kemudian kita akan membuat kaki dan pegangan bagian atas pada tabung gas. Blok baris ke 4 pada titik pusat lingkaran bagian atas, hanya 3 bidang yang tidak di blok. Selanjutnya kita Extrude dengan cara mengklik huruf e pada keyboard dan menggerakan mouse ke atas, lakukan sebanyak 4 kali. Begitupun dengan pusat lingkaran bagian bawah, blok semua barais ke 4. Kemudian eksturde sebanyak 4 kali pula.

Kemudian kita akan membuat bolongan pada bidang yang telah di extrude tadi sebagai pegangan. Caranya adalah dengan  memilih vertex select mode dan pilih titik yang akan kiata bolongkan. Bila akan memilih lebih dari 1 titik, kita klik kanan titik pertama dan titik selanjutnya lakukan shift+klik kanan. Kemudian klik huruf x pada keyboar untuk menghapus bidang, dan pilih vertices.

Lakukan pada titik lain yang akan kita hapus bidangnya. Begitupun dengan bagian kakai tabung gas bila akan kita bolongkan.

Karena masih terlihat bolongan kea rah dalam tabung gas, maka akan kita buat permukaan untuk menutupnya. Pertama kita pilih edge select mode kemudian pilih 2 garis yang akan kita gabungkan menjadi sebuah permukaan dengan cara klik kanan garis tersebut dan untuk garis selanjutnya lakukan  shift+klik kanan dan klik huruf f pada keyboard. Lakukan pada semua garis yang akan kita hubungkan.

Terakhir kita buat katup tabung gas yang biasa digunakan untuk dihubungkan pada selang gas. Pertama kita masukkan objek baru berupa silinder, caranya tekan shift+a kemudian kita pilih cylinder. Dan vertices kita rubah menjadi 6, letaknya ada di sebelak kiri layar. Lalu silinder tersebut kita bentuk seperti katup yang ada  pada tabung gas.

Selanjutnya kita satukan kedua pbjek tersebut, kemudian beri warna dan  pada object modifier kita pilih subdivision surface, pada view dan render kita beri nilai 3 agar terlihat lebih smoot.

Demikian postingan ini saya lampirkan, semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html