Wednesday, 22 June 2016

PENGERTIAN IMSI, TIMSI, IMEI, MS-ISDN, PIN & PUK





IMSI
IMSI (International Mobile Subscriber Identity) adalah 15 digit kode unik secara internasional yang digunakan untuk mengidentifikasikan pengguna dalam sebuah jaringan GSM. IMSI ini bersifat unik dengan artian bahwa, tidak ada IMSI yang serupa di seluruh dunia. IMSI terdiri dari 3 bagian :

  • MCC (Mobile Country Code)
  • MNC (Mobile Network Code)
  • MSIN (Mobile Subscriber Identity Number)

IMSI tersimpan di SIM (Subscriber Identity Module) dan HLR tempat pelanggan terdaftar. IMSI ini nantinya digunakan untuk meng-generate TMSI (Temporary IMSI) oleh HLR. Dalam 1 IMSI bisa digunakan untuk beberapa nomor MSISDN.

IMSI memiliki struktur susunan sebagai berikut:

contoh no IMSI = 510115411234567

MCC = 510 (Indonesia)

MNC = 11 (Excelkomindo)

MSIN = 5411234567, Di dalam MSIN sendiri biasa nya 2 digit pertama (dalam hal ini 54, merupakan logical HLR, dan digit ke-tiga (biasa di sebut H3, disini angka 1) biasa digunakan sebagai kelas pelanggan, misal pelanggan post paid/ Pasca bayar atau pre paid pra bayar.


TMSI
TMSI (Temporary IMSI) merupakan nomor acak yang di generate dari nomor IMSI. TMSI ini oleh operator GSM digunakan untuk mengirimkan/menggantikan IMSI. Cara inilah yang menjaga IMSI tetap aman dan tidak mudah di pakai oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Untuk melacak pengguna GSM menggunakan IMSI/TMSI, dibutuhkan”scanning” pada jaringan GSM-nya yang mana TMSI di buat. Namun hal ini tidaklah mudah dikarenakan TMSI di generate secara periodik di setiap sesi.


IMEI
IMEI (International Mobile Equipment Identity) . IMEI ini memungkinkan untuk mengidentifikasikan sebuah mobile station yang menggunakan jaringan GSM. IMEI dapat juga digunakan untuk melakukan pemblokiran sebuah mobile stationdikarenakan MS tersebut tercuri ata yang lainnya. Dengan nomor IME dari mobile station, telepon/hp dapat dengan mudah dilarang menggunakan jaringan GSM. Dengan demikian handphone tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Namun di Indonesia sendiri pemanfaatan IMEI untuk pelacakan handset-handset yang hilang atau pemblokiran handset tidaklah optimal. Dikarenakan maraknya handset-handset yang BM(Black Market).

Untuk mengetahui IMEI dari handset anda dapat Anda lihat di handset tersebut. Biasanya terletak di belakang tempat dudukan baterai. Atau dengan cara lain yaitu tekan *#06#.


MS-ISDN
MSI-SDN (Mobile Subscriber Integrated Services Digital Network Number) . MS-ISDN adalah nomor identitas pelanggan yang bersifat unik dan merupakan nomor pelanggan yang terdaftar pelanggan di jaringan GSM. Sederhananya MS-ISDN adalah nomor telepon yang dipegang/diketahui oleh pelanggan sendiri. Jadi kalau kita bertukar nomor telepon dengan relasi kita, nomor yang saling kita bagi itulah yang disebut MS-ISDN. MS-ISDN memiliki struktur sebagai berikut :

MSISDN = CC + NDC + SN

misal : 62817541234567

CC (Country Code) = 62 (Indonesia)

NDC (National Destination Code) = 817 (Excelkomindo)

SN (Serial Number) = 541234567 ,-didalam SN ini 2 digit pertama merupakan logical HLR (dalam hal ini 54), yang mana sebagai identitas di HLR.


PIN
PIN (Personal Identity Number) adalah kode akses yang terdiri dari 4-8 digit yang digunakan untuk pengamanan SIM card Anda dari penggunaan yang tidak sah.

PIN 2 (Personal Identity Number2) adalah kode akses yang terdiri dari 4-8 digit yang digunakan untuk mengakses nomor2 prioritas dan melihat/menset ketentuan-ketentuan panggilan.


PUK
PUK (Personal Unblocking Key) dan PUK 2 digunakan untuk meng-unlock PIN dan PIN2 jika SIM Anda terkunci.


sumber: Cell Tech Hub

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html